Bagikan ke Temanmu :)

 176 total views

Sufa Chusnul Chotimah, Mahasiswi STIES Putera Bangsa Tegal yang lolos seleksi magang PMMB Batch I Tahun 2021

Sufa Chusnul Chotimah, Mahasiswi STIES Putera Bangsa Tegal yang lolos seleksi magang PMMB Batch I Tahun 2021

Tegal – Program Magang Mahasiswa Bersertifikat atau biasa disebut PMMB merupakan salah satu strategi supaya lulusan PTN/PTS mengalami peningkatan kualitas. Melalui program ini, diharapkan terjadi link & match kurikulum antara perguruan tinggi dan sektor industri.

Sufa Chusnul Chotimah merupakan mahasiswi STIES Putera Bangsa Tegal program studi Manajemen Bisnis Syariah telah lolos seleksi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) selama 6 bulan di Kementrian BUMN dan FHCI Batch I tahun 2021.

Menurut penuturan Sufa Chusnul Chotimah, PMMB sendiri mempunyai 2 jenis program yang bisa diikuti yaitu Magang Bersertiikat Industri dan Magang Bersertifikat Kompetensi. Perbedaan pada 2 jenis program tersebut adalah jika program magang industri sudah terselesaikan selama 6 bulan magang, maka akan mendapat sertifikat dari pihak industri itu sendiri. Sedangkan program magang bersertifikat kompetensi jika sudah terselesaikan 6 bulan magang maka harus diujikan terlebih dahulu oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional.

Sufa Chusnul Chotimah mengikuti PMMB melalui jenis program Magang Bersertifikat Industri dan diterima magang di salah satu perusahaan BUMN di Tegal. Ketika ditanyai mengenai syarat mendaftar PMMB, Sufa Chusnul Chotimah menuturkan:

“Khususnya buat adik -adik saya yang semester 7 (S1) semester 5 (D3) semester 2 (S2) Dengan minimum ipk 2.75, mengumpulkan CV semenarik mungkin, CV nya kalian bisa memasukan pengalaman-pengalama organisasi, pengalaman kursus, pengalaman kerja, dan untuk nama, tempat, tanggal lahir juga memasukan sejelas-jelasnya ya? Jangan ada kebohongan soalnya barangkali di tanyain, serta mengumpulkan fakta integritas yang bisa di download di situs resmi PMMB FHCI.”

Tips yang diberikan Sufa Chusnul Chotimah untuk adik tingkat agar lolos seleksi PMMB ialah harus meningkatkan IPK minimal 3 dan ikut organisasi, baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

Kesan yang dirasakan Sufa Chusnul Chotimah dalam mengikuti PMMB ialah “ketika kita daftar jangan berharap untuk mendapat kerjaan itu tapi berharap yang di ambil ini.”

Serta pesan untuk adik-adik tingkat yang disampaikan ialah “Tetap semangat semoga di tahun-tahun berikutnya banyak yang diterima.”

 

 

Penulis : Tim UKM Jurnalistik STIES Putera Bangsa Tegal

Editor : Departemen Media & Informasi DEMA STIES Putera Ban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.